Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Sebab Alasan Seseorang Masih Single/lajang

Apakah kamu pernah merasa semua orang dalam hidupmu sudah menjalani hubungan kecuali dirimu? Apakah kamu mendapati dirimu bertanya-tanya mengapa masih belum menemukan seseorang yang istimewa meskipun berpenampilan menarik?

Alasan seseorang memilih single
Foto: Pexels/Miftah Rafli Hidayat 

Ada banyak alasan mengapa beberapa orang tetap melajang. Kamu mungkin menarik, sukses, menawan, atau kaya secara finansia dan masih berjuang untuk tenang karena keadaan tertentu dalam hidup yang membuatmu tidak menemukan orang yang tepat untukmu.

Berikut adalah 6 alasan paling umum Mengapa beberapa orang tetap melajang:

1. Tidak Sadar Dengan Identitas Diri Atau Jati Dirinya

Salah satu alasan paling umum mengapa beberapa orang merasa sangat sulit untuk menemukan pasangan dalam waktu lama adalah karena mereka belum mengenal diri mereka dengan cukup baik.

Jika kamu masih tidak yakin tentang siapa dirimu atau apa yang kamu inginkan dalam hidup, akan lebih sulit bagi kalian untuk mengetahui apa yang kalian inginkan dalam diri pasangan nantinya.

Beberapa orang mencari cinta atau pasangan sebagai cara untuk mengisi kekosongan yang mereka rasakan di dalam diri mereka sendiri. Tetapi kenyataannya adalah ada yang sudah menemukan dan menjalani suatu hubungan masih merasa kesepian, karena belum menemukan jati diri atau identitas dirinya sendiri.

Psikolog terkenal Erik Erikson bahkan percaya bahwa seseorang yang tidak sadar dengan identitas dirinya, akan sangat sulit untuk membentuk hubungan yang sehat dengan orang lain.

2. Tidak Memiliki Standar Yang Realistis

Mengetahui harga diri sendiri dan menghargai dirimu sendiri untuk bersyukur atas apa yang kamu miliki saat ini merupakan hal yang baik, meskipun hidupmu masih ada beberapa yang belum tercapai.

Namun, kalian harus berhati-hati untuk menentukan standar yang terlalu tinggi bagi siapapun yang ingin mendekatimu. Jika kalian telah mencari seseorang yang spesial dalam waktu yang lama sampai sekarang dan tidak ada seorangpun yang mendekatimu, mungkin kamu perlu meninjau ulang lagi keinginan atau standar pasangan yang seperti apa yang kamu inginkan.

Kenyataannya adalah, tidak ada seorangpun yang akan memiliki minat dan gairah yang sama sepertimu, atau segera tahu apa yang harus dilakukan atau bagaimana bertindak bila berada atau saat bersamamu.

Film dan buku seringkali dapat memberikan kita harapan yang tidak realistis tentang cinta dan romansa.  Melihat semua hubungan sempurna di internet mungkin juga menyulitkan kalian untuk tenang.

Dari luar sana, segala sesuatu tampak hebat dan mudah, tetapi dalam kenyataannya, dibutuhkan banyak usaha dari kedua belah pihak untuk membuat hubungan tersebut berjalan.

Dengan demikian, kalian harus mengevaluasi kembali standarmu dan mencari tahu apakah kalian terlalu meminta atau mengharap banyak dari calon pasanganmu, dan jika demikian, tetapkan harapanmu menjadi lebih realistis.

3. Masih Patah Hati

Hal ini pasti dialami semua orang sehingga orang tersebut masih menutup dirinya untuk orang lain. Tetapi, dirimu mungkin akan terkejut betapa banyak orang yang berjuang untuk memahamimu dan mendekatimu untuk memulai sebuah hubungan ketika dirimu masih patah hati dan belum bisa move on dari mantanmu.

Kalian tidak harus mencari pasangan baru lagi jika masih mencoba untuk menyembuhkan dirimu sendiri dan merawat hati yang tersakiti karena romansa terakhirmu yang gagal. Daripada terjebak dalam rebound relationship, yaitu mengacu pada suatu hubungan yang dilandasi oleh sikap pelampiasan, bukan karena atas dasar cinta dan ketulusan dari hati. Sehingga benar-benar merugikan satu pihak yang mencintaimu dengan tulus.

Lebih lanjut, penelitian menunjukkan bahwa seseorang yang berhasil pulih dari putus cinta, dapat menyebabkan pertumbuhan diri dan peningkatan kualitas hidup yang luar biasa.

4. Terlalu sibuk

Alasan lain mengapa seseorang masih berjuang menemukan pasangannya adalah karena dia terlalu sibuk dengan pekerjaan yang menyita banyak waktu. Sehingga sulit bagi seseorang untuk menemukan pasangan.

Mungkin hal ini baik-baik saja jika membina atau ada dalam sebuah hubungan bukan menjadi prioritas utamamu saat ini dikarenakan kamu masih muda.

Meskipun demikian, jika dirimu benar-benar serius ingin menemukan dan menjalin hubungan dengan seseorang, maka dirimu harus melakukan penyesuaian pada jadwal kerja atau aktivitas sehari-harimu yang super sibuk.

Janganlah mencurahkan seluruh waktumu ke dalam pekerjaan atau bisnismu. Tapi sisihkan waktu untuk diri sendiri dan kehidupan sosialmu. Lagipula, siapa yang ingin bersama seseorang yang tidak pernah punya waktu untuk mereka kan?

5.Takut Dengan Komitmen

Menurut Robert sternberg, komitmen, keintiman dan hasrat adalah elemen mendasar dari sebuah hubungan yang langgeng. Mungkin alasan mengapa seseorang masih melajang saat ini adalah karena hanya ingin sensasi dan kegembiraan akan cinta yang baru dan tidak pernah berfikir untuk siap berada dalam hubungan yang serius.

Jika dirimu takut untuk berkomitmen, maka perlu dicari alasannya. Apakah karena takut tersakiti atau terlalu membuka diri kepada orang lain? Atau karena tidak ingin merasa terjebak dalam hubungan dengan orang lain? Takut akan penolakan dan diabaikan? 

Jadi, pahamilah diri sendiri terlebih dahulu mengapa dirimu begitu takut berkomitmen. Yang menyebabkan dirimu hanya berada dalam hubungan saat dan tidak bisa maju ke tahap selanjutnya yang lebih serius.

6. Memilih Untuk Melajang

Alasan terakhir seseorang mengapa masih melajang mungkin karena dia menginginkan dirinya untuk menjadi lajar. Mungkin dirimu begitu percaya dan menghargai kemandirianmu dan belum ingin terikat dalam suatu hubungan dan ingin fokus pada aspek lain dalam kehidupanmu terlebih dahulu.

Apapun alasanmu, ada baiknya untuk jujur dengan diri sendiri tentang apa yang dirimu inginkan dan tidak inginkan. Mungkin kalian beranggapan untuk menjadi bahagia tidak perlu ada dalam hubungan dan menjalani semuanya sesuai keinginanmu.

Keputusan ada padamu, selama dirimu bisa memastikan bahwa inilah yang menurutmu terbaik untuk saat ini, maka tentu saja nikmati hidupmu sendiri.


Pada akhirnya, suatu hubungan adalah suatu keinginan dan bukan kebutuhan, dan dirimu harus menginginkannya dengan alasan yang tepat. Jika dirimu ingin seseorang yang menemani atau merawatmu lalu dirimu tidak bahagia dengan diri sendiri dan hidupmu bergegas atau tergesa-gesa ke suatu hubungan bukanlah jawaban yang tepat.

Di sisi lain, jika kamu terlalu sibuk dengan karier, hanya ingin bersenang-senang dengan orang maka hal ini tidak akan menarik orang-orang yang tepat kepadamu.

Pahamilah baik-baik alasan mengapa dirimu masih lajang? Dan solusi atau jawaban apa yang dapat dirimu temukan terhadap alasan-alasan tersebut. Dengan begitu, dirimu bisa terhubung lebih baik dengan orang lain.

Dan ini membuatmu lebih mudah untuk menemukan seseorang yang cocok untukmu, jatuh cinta padanya, membuat hubungan bertahan lama yang memulai ke tahap yang lebih serius lagi.