Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Hal Yang Sangat Baik Dilakukan oleh Introvert

Pada umumnya seorang introvert dipandang sebagai orang yang pendiam, penyendiri, penakut, dan tidak mudah bergaul bagi orang yang belum bisa memahami mereka.

Sebenarnya seorang introvert sendiri dalam dirinya berusaha sekuat mungkin untuk menjadi seorang ekstrovert. Namun, jangan salah ada banyak sekali kelebihan introvert yang sering diabaikan oleh banyak orang.

Hal yang dikerjakan oleh Introvert
Foto: Shutterstock.com

8 Hal Yang Sangat Baik Dilakukan oleh Introvert

1. Pendengar Yang Baik

Dikarenakan sifatnya yang pendiam dan suka berfikir mendalam, introvert secara alamiah mampu mendengarkan secara efektif dengan penuh perhatian. Khususnya ketika seseorang berbicara mengenai sesuatu hal yang sama-sama disukai.

Tidak seperti ekstrovert, introvert lebih banyak mendengarkan daripada berbicara. Hal ini disebabkan introvert cenderung malu untuk menjadi pusat perhatian, bahkan dalam percakapan.

2. Bisa Menjaga Rahasia

Ketika dalam hal menjaga rahasia dan informasi yang bersifat sensitif, introvert jauh lebih baik dibandingkan dengan ekstrovert. Hal ini dikarenakan mereka tidak banyak bicara dan Memahami pentingnya privacy seseorang. Bahkan introvert selalu berhati-hati dan berfikir dahulu sebelum berbicara.

3. Mampu Berintropeksi Diri Dengan Baik

Hal ini dikarenakan introvert suka berlama-lama dalam merefleksikan dirinya sendiri. Bahkan mereka lebih intuitif, berwawasan, sadar diri, dan selaras dengan emosinya.

Hal ini jugalah yang membuat introvert lebih condong ke hobi seperti melukis, photografi, music, menulis,berkebun, atau baking.

4. Introvert Mampu Membaca Emosi

Tidak hanya mampu mengetahui dan memahami perasaan mereka sendiri, introvert juga memiliki bakat alami untuk membaca emosi orang lain.

Hal ini dikarenakan kemampuan observasi dan empati yang tinggi, introvert mampu membaca perasaan seseorang hanya dengan melihat wajah, nada bicara, atau cara seseorang bersikap.

5. Memiliki Pengamatan Yang Jeli

Salah satu kunci letak perbedaan antara introvert dan ekstrovert adalah cara mereka memproses informasi. Ekstrovert lebih berorientasi eksternal sehingga mereka langsung saja membicarakan secara spontan apa yang baru saja mereka ketahui.

Namun, introvert yang lebih berorientasi internal lebih kepada menyimpan, mengolah, dan menyerap informasi sebanyak mungkin. Berpikir kritis dan hati-hati dalam menganalisa dan memahami orang-orang disekitarnya sebelum membicarakannya dengan orang lain.

6. Berfikir Strategis

Dikarenakan introvert tidak terlalu suka banyak bicara, mereka lebih sering memilih kata-kata dengan sangat hati-hati dan berpikir sebelum berbicara. Sehingga sering membutuhkan waktu lebih lama untuk merespon teman bicaranya.

Hal ini disebabkan karena mereka mendengarkan dengan penuh perhatian dan selalu memastikan bahwa apa yang mereka maksudkan bisa disampaikan dengan jelas dan ringkas.

Sama halnya dengan mengambil keputusan, kebanyakan introvert cenderung berpikir berkali-kali dan strategis terhadap segala kemungkinan yang terjadi kemudian.

7. Penyelesaian Masalah

kebanyakan introvert selalu mempertimbangkan sesuatu dengan cermat. Bahkan introvert lebih nyaman menjadi seorang pemikir yang penuh dengan imajinasi dan inspirasi dalam menyelesaikan masalah.

8. Mampu Memimpin Dengan Penuh Kasih Sayang

Hal ini sangat penting, baik introvert dan ekstrovert sama-sama memiliki potensi untuk menjadi pemimpin besar.

Extrovert lebih baik dalam hal memberikan perintah dan mengambil hati orang lain dengan karismanya.

Sedangkan keuntungan memiliki pemimpin introvert adalah kasih sayangnya kepada orang-orang yang mereka pimpin.

Studi menunjukkan bahwa pemimpin introvert lebih efektif dalam membangun relationship, royalitas, dan memotivasi orang lain dikarenakan introvert lebih mengutamakan perasaan orang lain untuk dihargai atas kontribusinya.

Pemimpin introvert juga lebih terbuka dalam mendengarkan ide dan saran dari orang lain. Sebab mereka memiliki gaya kepemimpinan yang tidak ingin terlihat dominan.